RaMi Secret

Rahasia Petualangan Travel RaMi

9 Kuliner khas Belitung Timur

Begitu banyak berbagai macam ragam kuliner belitung timur yang wajib anda ketahui, dengan keunikan masing-masing dan ciri khas pada setiap makanan yang berada di belitung timur ini. Berikut ini adalah 9 Kuliner khas Belitung Timur :

1. Ketam isi – Yang dimaksud dengan ketam adalah kepiting atau rajungan. Makanan ini tidak boleh terlewat jika kita tengah berada di Belitung Timur. Makanan yang satu ini terbuat dari bahan rajungan yang dicampur beberapa bumbu sebagai penambah citarasa. Cangkangnya tidak dibuang melainkan dibersihkan dan dikeringkan untuk nanti dipakai sebagai tempat adonan rajungan tadi. Setelah adonan yang sudah dicampur bumbu tadi siap, lalu masukkan kembali ke dalam cangkang yang selanjutnya digoreng. Bahan-bahan yang berupa rajungan, bawang merah, bawang putih, daun ketumbar, telur ayam, jeruk nipis, garam, lada dicampur ke dalam daging rajungan yang telah dicacah halus. Yang terakhir dimasukkan adalah telur dan garam. Lalu barulah adonan jadi ditaruh dalam cangkang dan digoreng.

2. Lakse – Makanan ini terbuat dari campuran tepung beras dan sagu serta sedikit santan kelapa yang dibentuk mirip kerupuk keriting, lalu dibungkus pakai daun pisang atau daun simpor. Kuahnya terbuat dari bahan campuran ikan dan santan yang tentunya memiliki citarasa gurih.

3. Engkak Ketan – Ini merupakan sejenis kue tradisional yang bahannya adalah ketan. Campurannya gula, telur, terigu, santan, susu, dan mentega. Cara pembuatannya adalah dengan dipanggang.

4. Bingke – Bingke termasuk dalam kue tradisional berbahan dasar umbi, contohnya, kentang, ubi jalar, atau labu siam. Bahan berupa umbi tersebut selanjutnya dihaluskan lalu dicampur tepung terigu, telur, gula, susu, santan, serta mentega, yang selanjutnya dipanggang sampai matang.

5. Pulut Panggang – Pulut panggang merupakan makanan dari beras ketan merah atau putih, dibungkus pakai daun simpor, dengan tambahan sambal lingkong atau sambal ikan yang kemudian dibakar sehingga memberi aroma dan rasa yang maknyus.

6. Talam Menggale – Talam menggale adalah kue tradisional yang terbuat dari menggale atau singkong parut campur gula merah yang kemudian dikukus plus lapisan atas yang berupa adonan dari tepung beras.

7. Lepat – Kuliner Belitung yang satu ini terbuat dari ketan merah atau putih, dibungkus pakai daun pandan atau daun mengkuang dengan tali dari bahan yang sama. Yang dibentuk memanjang atau bulat dan dimasak dengan cara dikukus selama beberapa waktu. Lepat adalah kuliner wajib saat acara Maras Taun.

8. Begero – Ini adalah makanan yang biasa dimakan pada saat sarapan pagi atau selamatan. Terbuat dari beras campur sagu dengan sedikit santan. Selanjutnya dikukus dalam wadah, lalu dipotong bentuk pipih memanjang dan dibungkus pakai daun simpor atau pisang. Disajikan dengan kuah ikan campur santan yang gurih.

9. Mie Belitong – Mie ini makanan yang cukup membuat perut kenyang. Rasanya gurih dengan campuran tauge, irisan tahu goreng, timun, kentang rebus, kerupuk ikan, dan telur rebus. Mie ini disajikan bersama kuah udang atau kuah ikan

RaMi Secret © 2017